Selasa, 15 Mei 2012

Penelitian Pembelajaran Berbasis Komputer


Pendahuluan
Pada 1980-an, tidak ada satupun media pembelajaran atau obyek pembelajaran yang diproduksi memperhatikan kesenangan dalam pelaksanaan pendidikan dasar dan menengah seperti halnya yang dilakukan oleh computer. Selama dekade terakhir, jumlah mikrokomputer di sekolah telah meningkat hampir 50 kali lipat dari sekitar 50.000 menjadi sekitar 2.400.000. Akibatnya, banyak kegiatan penelitian saat ini dilakukan pada teknologi dalam pendidikan yang terkonsentrasi pada computer.
Penelitian ini difokuskan pada penggunaan komputer dalam bidang pendidikan. Dimulai dengan klarifikasi terminologi saat ini di lapangan, kemudian pindah ke diskusi tentang berbagai variasi sistem untuk mengkonsep dan mengkategorikan penggunaan komputer dalam pendidikan. Tinjauan penelitian ini dimulai dengan penjelasan dari dua studi tinjauan berskala besar, kemudian menyajikan hasil studi di daerah tertentu. Disertai pula dengan dua penelitian deskriptif utama, seperti saran untuk kemajuan masa depan dalam penelitian CBL.

Pembahasan
Dengan adanya peningkatan dalam pentingnya komputer dalam pendidikan telah muncul beberapa kontroversi mengenai terminologi untuk menggambarkanya, yaitu CAI (computer assisted instruction), CBI (computer based instruction), CBL  (computer based learning), CBE (computer based education) and CAL (computer assisted learning).

CAI (computer assisted instruction)
Komputer hanya dimanfaatkan sebagai alat bantu yang keberadaannya terprogram khusus untuk pencapaian tujuan pembelajaran. Peran guru tidak semuanya dihilangkan dan komputer hanya beperan sebagai pendamping guru dalam menyampaikan materi. semua digunakan untuk menggambarkan aplikasi komputer dalam pendidikan

CBI (Computer Based Instruction)

Bisa dilihat dari namanya, Computer Based Instruction merupakan pembelajaran yang berbasis komputer. Komputer di sini berperan sebagai inti utama dalam pembelajaran. Transfer materi pelajaran kepada siswa dilakukan melalui komputer. Pada Computer Based Instruction ini siswa berperan lebih aktif dalam mempelajari materi pelajaran yang telah didesain dalam komputer.
CBL (computer based learning)

Komputer sebagai sarana utama yang mengkomunikasikan materi kepada siswa namun keberadaanya tidak dirancang khusus untuk pembelajaran

CBE (Computer Based Education)

Semua kegiatan pendidikan, baik yang sengaja dirancang untuk pembelajaran maupun yang serta merta namun bersifat mendidik yang memanfaatkan media komputer.
CAL (computer assisted learning)
Komputer hanya dimanfaatkan sebagai alat bantu yang keberadaannya tidak terprogram khusus untuk pembelajaran.


CBL saat ini menjadi istilah paling sesuai yang menggambarkan semua pembelajaran siswa yang berhubungan dengan komputer. Istilah ini dianggap lebih sesuai sebab CBL memiliki tujuan/program khusus yang sengaja di desain untuk pembelajaran. Dalam setiap penelitian terapat tahap-tahap yang harus dilalui termasuk juga pada penelitian CBL, tahap-tahap tersebut adalah:
  • Problems with the research (Adanya masalah dalam penelitian sebelumnya)
  • Categories for CBL (Mengkategorikan kegunaan untuk CBL)
  • Major reviews (Meninjau ulang hasil penelitian sebelumnya)
  • Studies in specific areas (Memiliki area khusus untuk penelitian)
  • Descriptive studies (Studi deksriptif)
  • Design issues (Mendesain CBL)
  • Cost effectiveness research (Efektivitas biaya penelitian)

Beberapa peneliti yang melakukan penelitian tentang CBL, ialah:
a)        Kulik, Bangert, dan Williams (1983)
Ada tiga garis besar dalam meta-analisis studi dalam penyelesaian kulik, satu studi meneliti efek belajar berbasis komputer pada siswa SD, kemudian diperiksa bagaimana efeknya pada siswa sekolah tersebut, dan dalam penelitian tersebut meneliti efek pada mahasiswa.
Hasil dari penelitian Kulik dan rekan-rekannya adalah bahwa pendekatan komputer merupakan sesuatu yang paling efektif untuk siswa SD dan paling efektif pula untuk mahasiswa didalam suatu pembelajaran.

b)       MD Robyler
Masalah yang diteliti : di bidang sikap, konten, jenis aplikasi, tingkat kelas dan jenis siswa.
Hasil:
Robyler menemukan bahwa efek dari penggunaan komputer yang tertinggi berada pada tingkat perguruan tinggi dan terendah pada tingkat sekolah menengah.
Tinjauan Robyler mengkonfirmasi laporan sebelumnya bahwa aplikasi komputer lebih efektif untuk mengajar matematika daripada membaca dan keterampilan berbahasa.
Robyler menemukan kecenderungan, yang telah dilaporkan sebelumnya, dalam penggunaan komputer agar lebih efektif bila digunakan oleh siswa dengan prestasi rendah.

c)        Chen, 1986; Collis, 1985; Miura & Hess, 1983
Masalah yang diteliti : Perbedaan gender dalam penggunaan komputer, sikap, dan bakat juga telah menjadi area penting dalam penelitian bagi para peneliti dalam pembelajaran berbasis komputer.
Hasil:
  • Wanita cenderung setuju secara abstrak tentang kemampuan perempuan dengan komputer, tapi ketika ditanya tentang kemampuan mereka sendiri, mereka menilai diri mereka sendiri kurang dari cukup (Collis, 1985; Chen, 1986).
  • Betty Collis (1985) perbedaan jenis kelamin pada sikap terhadap komputer ternyata ada.
  • Chen (1986) Dia juga melaporkan bahwa anak laki-laki lebih banyak memiliki komputer di rumah daripada perempuan.
  • Hess dan Miura (1985) menemukan bahwa dalam 23 program musim panas yang mereka pelajari, anak laki-laki kalah jumlah perempuan dengan rasio 3 banding 1 di tingkat sekolah dasar dan sekitar 4 sampai 1 pada tingkat sekunder.
  • Chen (1986) menemukan bahwa lebih banyak orang tua membeli komputer kepada anak lelaki daripada anak perempuan. Setelah melakukan survei empat majalah komputer yang popular.


d)     Hendry Becker (1990)
Masalah yang diteliti : melakukan survey penggunaan komputer di sekolah-sekolah selama tahun 1980.
Hasil : Becker menyampaikan tiga kesimpulan yang ia dapat dari hasil penelitiannya, yaitu:
  • meskipun adanya kenaikan yang luar biasa dalam penyediaan perangkat keras dan lunak di sekolah. Namun, hanya sebagian kecil guru dan siswa yang menggunskan komputer dalam pembelajaran. Hambatan terbesar disebabkan oleh kurangnya pengetahuan guru dalam menggunakan komputer secara efektif dan tepat
  • Perangkat keras yang tersedia di sebagian besar sekolah tidak cukup untuk mendukung pembelajaran secara lebih kompleks.
  • Program pengolah kata merupakan kegiatan belajar pertama di sekolah USA yg menggunakan teknologi berbantuan komputer. Namun, program pengolah kata ini bukanlah suatu kegiatan pembelajaran menulis yg terintegrasi, melainkan hanya belajar tentang program pengolah kata itu sendiri. Program pengolah kata ini menjadi salah satu alat bantu dalam pembelajaran menulis.

e)        OTA (Office of Technology Assessment)
Masalah yang diteliti : Pada tahun 1988 OTA dalam laporannya yang berjudul Power On: New Tools for Teaching and Learning,menggambarkan keadaan penggunaan teknologi di sekolah-sekolah saat ini dan rekomendasi yang diberikan untuk penelitian dan usaha pengembangan di daerah tersebut (Porro, 1988).
Hasil : Laporan itu menyimpulkan bahwa meskipun teknologi interaktif baru tidak dapat berdiri sendiri dalam mengatasi permasalahan pendidikan di Amerika. Namun, teknologi interaktif baru telah memberikan kontribusi penting dalam perbaikan proses belajar, terutama dalam memajukan substansi dan proses pendidikan yaitu dengan membantu anak-anak memperoleh keterampilan dasar, sehingga mereka dapat memperoleh dan menerapkan pengetahuan selama masa hidup mereka.
Hasil penelitian menyimpulkan komputer memiliki kegunaan yang paling menjanjikan saat ini dalam dunia pendidikan, antara lain:
  • Latihan dan praktek untuk menguasai keterampilan dasar.
  • Pengembangan keterampilan menulis.
  • Pemecahan masalah.
  • Memahami konsep abstrak matematika dan ilmu pengetahuan.
  • Simulasi dalam studi ilmu pengetahuan, matematika dan sosial.
  • Manipulasi data.
  • Akuisisi keterampilan komputer untuk tujuan umum, bisnis, dan pelatihan kejuruan.
  • Akses dan komunikasi untuk populasi siswa yang belum terlayani secara tradisional.
  • Akses dan komunikasi bagi guru dan siswa di lokasi terpencil.
  • Individualized learning.
  • Cooperative learning.
  • Manajemen kegiatan kelas dan pencatatan.

f)         Johnson, Johnson & Stanne (1985)
Dalam satu studi tersebut dibandingkan efek dari struktur tujuan kooperatif, kompetitif dan individualistis pada produk siswa menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan bantuan komputer dalam suatu instruksi koperasi yang dipromosikan secara kuantitas maka akan menghasilkan sesuatu yang lebih besar dan kualitas prestasi sehari-hari dan memecahkan masalah yang lebih dalam hal tersebut menjadi sukses daripada pembelajaran komputer yang dibantu secara kompetitif atau individual. Salah satu hasil yang sangat dramatis adalah bahwa sikap perempuan terhadap belajar yang lebih terpengaruh dalam kondisi kompetitif.

g)        Lehrer & Randle (1987)
Dalam pembelajaran intra-menengah, terdapat empat puluh lima anak kelas tiga ditugaskan secara acak untuk memilih salah satu dari dua Logo berbasis kondisi instruksional atau ke tiga pemecahan masalah yang sesuai dengan kondisi kontrol perangkat lunak (Lehrer & Randle, 1987).
 Hasil penelitian Lehrer mengusulkan perlunya penelitian yang mungkin lebih lanjut dalam meneliti pemecahan masalah dan hasil metakognitif dari suatu kerja komputer dengan bahasa pemrograman atau masalah lain yang dapat dipecahkan dalam suatu permasalahan lingkungan. Temuannya di bidang perencanaan dan belajar geometri tersebut menyarankan suatu jalan yang bermanfaat untuk suatu pekerjaan yang lebih lanjut.

Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian CBL terdahulu dapat disimpulkan bahwa secara umum siswa dapat belajar dengan efektif menggunakan computer dan dalam beberapa kasus, computer bekerja untuk meningkatkan prestasi dan sikap siswa terhadap materi pelajaran. Awal penelitian dinyatakan bahwa CBL paling efektif digunakan pada tingkat sekolah dasar, sedangkan pada penelitian akhir dinyatakan bahwa CBL efektif pada tingkat perguruan tinggi.
Untuk penelitian lebih lanjut, hendaknya penelitian tidak lagi berbicara mengenai pengaruh CBL terhadap pembentukan sikap ataupun hasil belajar siswa. Namun, lebih berfokus pada bagaimana merancang sebuah pembelajaran berbasis computer yang sesuai dengan materi karakteristik siswa, sudah semakin berkembang. Hal yang paling penting adalah bagaimana mendesain sebuah pembelajaran berbasis computer yang sesuai dengan karakteristik materi, siswa dan lingkungan  belajar.

Saran untuk penelitian masa depan
Beberapa saran dari penelitian masa lalu, untuk dapat dilakukan dimasa depan yaitu:

Secara garis besar, beberapa penelitian yang dapat dilakukan untuk masa depan, yaitu:

  • Penelitian tentang efek pengalaman pemrograman dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah pada siswa.
  • Penggunaan komputer dalam pengajaran menulis.
  • Penggunaan simulasi dan microworlds untuk mengajarkan masalah urutan yang lebih tinggi kemampuan memecahkan.
  • Penggunaan alat-alat untuk meningkatkan tugas-tugas belajar.
  • Pengembangan kurikulum baru yang berfokus pada how to learn.


    Menurut Robyler, ia menyarankan bahwa penelitian pada masa depan dalam pembelajaran berbasis computer harus berkonsentrasi pada:

a.    Aplikasi dalam berbagai hal keterampilan dan area konten
b.    Computer aplikasi dalam bahasa inggris sebagai bahasa kedua (ESL)
c.    Dalam pengolahannya menggunakan word
d.    Kreativitas dan pemecahan masalah dengan logo dan CAI
e.    Efek penggunaan computer pada sikap dan tingkat drop-out
f.     Diferensial efek dari penggunaan computer pada pria dan wanita

Chen menganjurkan:
  • Memperhatikan lebih dekat dengan proses pengaruh sosial yang memengaruhi perempuan
  • Menggunakan subjek-materi kursus dalam bahasa Inggris, matematika, sains, sejarah, dan mata pelajaran lain untuk memperkenalkan komputer. Menghindari pemrograman sebagai paparan awal
  • Menekankan aplikasi komputer (grafis, database, telekomunikasi) untuk mendorong lebih banyak partisipasi perempuan
  • Memperluas penggunaan komputer di sekolah menjadi “aplikasi dunia nyata”






0 komentar:

Posting Komentar