penelitian atau riset adalah terjemahan dari bahasa inggris research, yang merupakan gabungan dari kata re (kembali) dan to search (mencari). Beberapa sumber lain menyebutkan bahwa research adalah berasal dari bahasa Perancis recherché. Intinya hakekat penelitian adalah "mencari kembali". Adapun pengertiannya, penelitian adalah suatu penyelidikan atau suatu usaha pengujian yang dilakukan secara teliti dan kritis dalam mencari fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan menggunakan langkah-langkah tertentu.
Salah satu
contoh penelitian yang sering dilakukan dalam dunia pendidikan khususnya
diperguruan tinggi adalah skripsi. Apa yang muncul dikepala kita jika mendengar
kata Skripsi? Mendengar kata-kata skripsi banyak hal yang langsung muncul dikepala
kita, mungkin yang muncul adalah penelitian, sarjana, kuliah, semester akhir,
lulus kuliah dan lain sebagainya. Skripsi memang erat sekali hubungannya dengan
dunia pendidikan terutama perguruan tinggi, bahkan skripsi merupakan syarat
mutlak yang wajib dilakukan untuk mendapatkan gelar sarjana di perguruan
tinggi.
Teknologi
pendidikan adalah bidang ilmu yang memiliki misi besar dalam memfasilitasi
belajar dan meningkatkan kinerja yang menggunakan pendekatan sistemati dan
sistemik (menurut AECT, 2008). Melihat misi yang masih terlalu luas, maka di
Universitas Negeri Jakarta, jurusan Teknologi Pendidikan dibagi menjadi tiga
konsentrasi/peminatan yaitu konsentrasi media pembelajaran, pengelolaan
pembelajaran serta teknologi kinerja. Dari ketiga konsentrasi diatas, sudah
banyak sekali dihasilkan skripsi-skripsi yang berhubungan dengan misi besar
teknologi pendidikan menurut AECT 2008 tersebut. Penelitian di ketiga
konsentrasi tersebut banyak menghasilkan penelitian tentang pengembangan
produk, evaluasi, pelatihan atapun penelitian tindakan kelas.
Untuk
menghindari agar penelitian yang sudah pernah dilakukan tidak dilakukan
kembali, maka kita perlu mengetahui gambaran peta skripsi di jurusan Teknologi
Pendidikan. Untuk mengetahui gambaran peta skripsi di jurusan Teknologi
Pendidikan, maka penulis melakukan survey mengenai jenis penelitian apa saja
yang ada di jurusan Teknologi Pendidikan khususnya pada konsentrasi media
pembelajaran. Survey ini dilakukan juga agar penulis mengetahui penelitian apa
yang masih jarang dilakukan ataupun yang sering dilakukan oleh alumni, agar
calon penulis skripsi nanti dapat menjadikan ini sebagai ukuran atau pedoman
agar mereka dapat mengeskplor pengetahuannya lagi dalam melakukan penelitian
ataupun menyusun skripsi, serta tidak melakukan lagi penelitian yang sudah
pernah dilakukan sebelumnya.
Data yang kami kumpulkan melalui studi pustaka, yaitu
mengambil sampel berupa skripsi-skripsi di jurusan Teknologi Pendidikan UNJ
dalam kurun waktu 5 tahun terakhir (2007-2012). Berdasarkan data yang kami
diperoleh ada sekitar (berapa buah) buah
skripsi dari ketiga konsentrasi. (berapa
buah) skripsi tersebut masing-masing terdiri dari (berapa buah) skripsi
tentang media pembelajaran, (berapa buah) skripsi tentang Pengelola Program Pembelajaran,
dan (berapa buah) Skripsi tentang
Teknologi Kinerja. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan disajikan hasil
pengolahan data jenis skripsi yang telah ditulis oleh alumni di jurusan Teknologi
Pendidikan.
PEMBAHASAN
Khusus
untuk konsentrasi media pembelajaran, banyak sekali skripsi-skripsi baik dari
penelitian pengembangan, evaluasi, pemanfaatan media ataupun jenis penelitian
lainnya yang sudah dihasilkan oleh mahasiswa teknologi pendidikan.
Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak
dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu
perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Beberapa ahli
memberikan definisi tentang media pembelajaran. Schramm (1977) mengemukakan
bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan
untuk keperluan pembelajaran.
Sementara itu, Briggs (1977) berpendapat bahwa
media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi
pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan, National
Educatikan pada tahun 2007, on Associaton(1969) mengungkapkan bahwa
media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun
pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras. Dari ketiga pendapat di
atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat
menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta
didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta
didik.
Brown (1973) mengungkapkan bahwa media
pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi
terhadap efektivitas pembelajaran. Pada mulanya, media pembelajaran hanya
berfungsi sebagai alat bantu guru untuk mengajar yang digunakan adalah alat
bantu visual. Sekitar pertengahan abad Ke –20 usaha pemanfaatan visual
dilengkapi dengan digunakannya alat audio, sehingga lahirlah alat bantu
audio-visual. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
(IPTEK), khususnya dalam bidang pendidikan, saat ini penggunaan alat bantu atau
media pembelajaran menjadi semakin luas dan interaktif, seperti adanya komputer
dan internet.
Penulis
sudah melakukan pengumpulan data
kumpulan skripsi mahasiswa teknologi pendidikan berkonsentrasi media
pembelajaran. Berikut adalah rinciannya :
NO
|
JUDUL SKRIPSI
|
TAHUN
|
NAMA PENELITI
|
MASALAH PENELITIAN
|
JENIS PENELITIAN
|
ALASAN
|
||||||
1
|
Pemanfaatan
web “forum TKJ” sebagai sumber belajar di SMK Negeri 22 Jakarta
|
2011
|
Sarah
Lifdiana
|
Bagaimana
pemanfaatan web forum TKJ SMK N 22 JAKARTA sebagai sumber belajar siswa
jurusan TKJ?
|
-
deskriptif eksploratif
-
Kualitatif
-
Lapangan
|
-
Penelitian ini bermaksud untuk
mengumpulkan informasi mengenai status gejala pada saat penelitian dilakukan,
menggambarkan apa adanya tentang suatu gejala atau keadaan.
-
Peniliti ingin mengukur sejauh mana
efektifitas pemanfaatan web “forum TKJ” sebagai sumber belajar di SMK Negeri
22 Jakarta
-
Peniliti melaksanakann penelitiannya di
SMK 22 sebagai penelitiannya
-
Peneliti mencari informasi yang dapat
digunakan untuk mengambil kesimpulan
|
||||||
2
|
Evaluasi
media CAI (Computer Assisted Instruction) mata pelajaran biologi kelas x
produksi pustekom
|
2011
|
Edi
Ruchiyat
|
Apakah
produk pembelajaran yang dihasilkan pustekom efektif untuk pembelajaran?
|
-
Kualitaif
-
Penelitian evaluasi
|
-
Sebab peneliti ingin melihat kualitas
media CAI mata pelajaran biologi yang di produksi Pustekom dengan
karakteristik CAI yang efektif
-
Sebab ingin mengevaluasi kualitas media
CAI yang dibuat oleh pustekom
-
Peneliti mencari informasi yang dapat
digunakan untuk mengambil kesimpulan
|
||||||
3.
|
Pengembangan modul elektronik sebagai sumber belajar untuk matakuliah
multimedia design
|
2011
|
Ananda
Gunadharma
|
Bagaimanakah
produk pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan asil belajar terhadap
matakulliah multimedia design?
|
-
pengembangan karya inovatif
-
penelitian lapangan
|
-
Karena bertujuan untuk menghasilkan dan
mengembangkan sebuah produk
-
Karena penelitian tersebut dilakukan untuk
mengadakan percobaan dan penyempurnaan pada media yang dibuat
-
Karena menjadikan IDS sebagai objek
penelitian
|
||||||
4.
|
Pengembangan
video pembelajaran sains (sifat kehantaran panas dari berbagai benda) untuk
siswa kelas VI Sekolah Dasar
|
2011
|
Yusri
|
Bagaimanakah produk pembelajaran yang efektif
dalam meningkatkan asil belajar terhadap mata pelajaran IPA?
|
-
Pengembangan
-
Kualitatif
|
-
Memberikan
gambaran yang menyeluruh tentang bagaimana mengembangkan sebuah video
pembelajaran
-
Menciptakan
suatu produk guna mengatasi permasalahan yang diteliti
-
Peneliti mencari informasi yang dapat
digunakan untuk mengambil kesimpulan
|
||||||
5.
|
Pengembangan
komik berwarna sebagai pembelajaran sejarah sekolah menengah pertama kelas 3
|
2009
|
Riana
Maulana
|
-
Kurangnya
minat membaca siswa terhadap buku pelajaran sehingga dapat menyebabkan
lemahnya wawasan dan pemahaman siswa terhadap suatu bidang ilmu
-
Kebanyakan
buku pelajaran sejarah disajikan secara tekstual, minim ilustrasi, dan desain
yang sederhana
|
-
Pengembangan
-
Kualitatif
|
-
Mengembangkan
produk pembelajaran berupa komik bewarna
-
Peneliti mencari informasi yang dapat
digunakan untuk mengambil kesimpulan
|
||||||
6.
|
Pengembangan
video pembelajaran untuk pengenalan fotografi digital
|
2007
|
Bayu
mahesa subagdja
|
-
Kurangnya
pemahaman atas berbagai fitur dan
kecanggihan yang dimiliki oleh kamera digital membuat para pembelajar
cenderung lebih menyukai pemakaian kamera analog dalam proses pembelajaran
|
-
Pengembangan
-
Kualitatif
|
-
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan
dan menghasilkan sebuah prototipe media video yang mempunyai tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai secara spesifik dan terukur.
-
Peneliti mencari informasi yang dapat
digunakan untuk mengambil kesimpulan
|
||||||
7.
|
Pengembangan
Video pembelajaran tentang seni melipat kertas (Origami)
|
2007
|
Endah
Tri Utami
|
-
Media yang terbatas dalam matakuliah
motorik halus pada materi origami
-
Buku origami masih kurang memenuhi rasa
ingin tahu dan memperdalam keterampilan origami mahasiswa
-
Mata kuliah motorik harus memiliki
subtopic yang terlampau banyak namun waktu pengajaran sangat sedikit
|
-
Pengembangan
-
lapangan
|
-
dikatakan pengembangan sebab peneliti
mengembangkan sebuah produk berupa video yang berfungsi untuk menanggulangi
masalah yang dihadapi oleh mahasiswa PAUD
-
Peneliti menjadikan PAUD FIP UNJ sebagai
objek penelitian
|
||||||
Dari hasil pengumpulan data mengenai data kumpulan skripsi mahasiswa teknologi pendidikan berkonsentrasi media pembelajaran, maka akan di gambarkan melalui grafik seperti ini :
Berdasarkan diagram diatas dapat disimpulkan
bahwa dari tujuh skripsi yang diambil datanya secara acak dapat disimpulkan
terdapat 2 skripsi yang dikeluarkan pada tahun 2007, satu
skripsi tahun 2009 , dan yang terbanyak yaitu pada tahun 2011 sebanyak 4
skripsi.
Dari 7 skripsi tersebut mempunyai jenis penelitian yang berbeda-beda,
penggambarannya dapat dilihat pad grafik berikut :
Dari
diagram diatas dapat disimpulkan bahwa jenis penelitian media yang paling
banyak digunakan dalam skripsi mahasiswa teknologi pendidikan yaitu jenis
penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan mempunyai data sejumlah 5
skripsi dan setara dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian pengembangan
merupakan penelitian dimana mahasiswa membuat suatu produk kemudian di evaluasi
kualitasnya apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD/SMP atau target
atau belum. Di setiap skripsi mahasiswa tidak hanya memakai satu jenis
penelitian saja tetapi bisa lebih dari satu dilihat dari tujuannya, ragamnya,
tempatnya dan lain sebagainya.
KESIMPULAN
Begitu
pentingnya seorang mahasiswa mengklasifikasikan atau mengkategorikan
skripsi-skripsi yang sudah dibuat oleh kakak kelas mereka. Mengapa demikian?
Hal ini dimaksudkan agar tidak adanya kesamaan judul atau masalah dalam membuat
skripsi.
Skripsi
yang sudah dibuat oleh mahasiswa teknologi pendidikan khususnya konsentrasi
media pembelajaran umumnya skripsi berjenis pengembangan. Penelitian
pengembangan merupakan penelitian dimana mahasiswa membuat suatu produk
kemudian di evaluasi kualitasnya apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa
SD/SMP atau target atau belum.
Dengan adanya pengklasifikasisan in diharapkan dapat membantu mahasiswa
untuk mencari judul skripsi ataupun masalah yang akan diangkat untuk dijadikan
penelitiannya, khususnya mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri
Jakarta.
0 komentar:
Posting Komentar