Sabtu, 26 Mei 2012

Klasifikasi Skripsi jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

PENDAHULUAN
penelitian atau riset adalah terjemahan dari bahasa inggris research, yang merupakan gabungan dari kata re (kembali) dan to search (mencari). Beberapa sumber lain menyebutkan bahwa research adalah berasal dari bahasa Perancis recherché. Intinya hakekat penelitian adalah "mencari kembali". Adapun pengertiannya, penelitian adalah suatu penyelidikan atau suatu usaha pengujian yang dilakukan secara teliti dan kritis dalam mencari fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan menggunakan langkah-langkah tertentu.

Salah satu contoh penelitian yang sering dilakukan dalam dunia pendidikan khususnya diperguruan tinggi adalah skripsi. Apa yang muncul dikepala kita jika mendengar kata Skripsi? Mendengar kata-kata skripsi banyak hal yang langsung muncul dikepala kita, mungkin yang muncul adalah penelitian, sarjana, kuliah, semester akhir, lulus kuliah dan lain sebagainya. Skripsi memang erat sekali hubungannya dengan dunia pendidikan terutama perguruan tinggi, bahkan skripsi merupakan syarat mutlak yang wajib dilakukan untuk mendapatkan gelar sarjana di perguruan tinggi.
Teknologi pendidikan adalah bidang ilmu yang memiliki misi besar dalam memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja yang menggunakan pendekatan sistemati dan sistemik (menurut AECT, 2008). Melihat misi yang masih terlalu luas, maka di Universitas Negeri Jakarta, jurusan Teknologi Pendidikan dibagi menjadi tiga konsentrasi/peminatan yaitu konsentrasi media pembelajaran, pengelolaan pembelajaran serta teknologi kinerja. Dari ketiga konsentrasi diatas, sudah banyak sekali dihasilkan skripsi-skripsi yang berhubungan dengan misi besar teknologi pendidikan menurut AECT 2008 tersebut. Penelitian di ketiga konsentrasi tersebut banyak menghasilkan penelitian tentang pengembangan produk, evaluasi, pelatihan atapun penelitian tindakan kelas.
Untuk menghindari agar penelitian yang sudah pernah dilakukan tidak dilakukan kembali, maka kita perlu mengetahui gambaran peta skripsi di jurusan Teknologi Pendidikan. Untuk mengetahui gambaran peta skripsi di jurusan Teknologi Pendidikan, maka penulis melakukan survey mengenai jenis penelitian apa saja yang ada di jurusan Teknologi Pendidikan khususnya pada konsentrasi media pembelajaran. Survey ini dilakukan juga agar penulis mengetahui penelitian apa yang masih jarang dilakukan ataupun yang sering dilakukan oleh alumni, agar calon penulis skripsi nanti dapat menjadikan ini sebagai ukuran atau pedoman agar mereka dapat mengeskplor pengetahuannya lagi dalam melakukan penelitian ataupun menyusun skripsi, serta tidak melakukan lagi penelitian yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.
Data yang kami kumpulkan melalui studi pustaka, yaitu mengambil sampel berupa skripsi-skripsi di jurusan Teknologi Pendidikan UNJ dalam kurun waktu 5 tahun terakhir (2007-2012). Berdasarkan data yang kami diperoleh ada sekitar (berapa buah) buah skripsi dari ketiga konsentrasi. (berapa buah) skripsi tersebut masing-masing terdiri dari (berapa buah) skripsi tentang media pembelajaran, (berapa buah) skripsi tentang Pengelola Program Pembelajaran, dan (berapa buah) Skripsi tentang Teknologi Kinerja. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan disajikan hasil pengolahan data jenis skripsi yang telah ditulis oleh alumni di jurusan Teknologi Pendidikan.

PEMBAHASAN
Khusus untuk konsentrasi media pembelajaran, banyak sekali skripsi-skripsi baik dari penelitian pengembangan, evaluasi, pemanfaatan media ataupun jenis penelitian lainnya yang sudah dihasilkan oleh mahasiswa teknologi pendidikan.
Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Beberapa ahli memberikan definisi tentang media pembelajaran. Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
Sementara itu, Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan, National Educatikan pada tahun 2007, on Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras. Dari ketiga pendapat di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
Brown (1973) mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi terhadap efektivitas pembelajaran. Pada mulanya, media pembelajaran hanya berfungsi sebagai alat bantu guru untuk mengajar yang digunakan adalah alat bantu visual. Sekitar pertengahan abad Ke –20 usaha pemanfaatan visual dilengkapi dengan digunakannya alat audio, sehingga lahirlah alat bantu audio-visual. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), khususnya dalam bidang pendidikan, saat ini penggunaan alat bantu atau media pembelajaran menjadi semakin luas dan interaktif, seperti adanya komputer dan internet.


Penulis sudah melakukan pengumpulan data  kumpulan skripsi mahasiswa teknologi pendidikan berkonsentrasi media pembelajaran. Berikut adalah rinciannya :


NO
JUDUL SKRIPSI
TAHUN
NAMA PENELITI
MASALAH PENELITIAN
JENIS PENELITIAN
ALASAN
1
Pemanfaatan web “forum TKJ” sebagai sumber belajar di SMK Negeri 22 Jakarta
2011
Sarah Lifdiana
Bagaimana pemanfaatan web forum TKJ SMK N 22 JAKARTA sebagai sumber belajar siswa jurusan TKJ?

-          deskriptif eksploratif
-          Kualitatif
-          Lapangan
-          Penelitian ini bermaksud untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala pada saat penelitian dilakukan, menggambarkan apa adanya tentang suatu gejala atau keadaan.
-          Peniliti ingin mengukur sejauh mana efektifitas pemanfaatan web “forum TKJ” sebagai sumber belajar di SMK Negeri 22 Jakarta
-          Peniliti melaksanakann penelitiannya di SMK 22 sebagai penelitiannya
-          Peneliti mencari informasi yang dapat digunakan untuk mengambil kesimpulan
2
Evaluasi media CAI (Computer Assisted Instruction) mata pelajaran biologi kelas x produksi pustekom
2011
Edi Ruchiyat
Apakah produk pembelajaran yang dihasilkan pustekom efektif untuk pembelajaran?
-          Kualitaif
-          Penelitian evaluasi
-          Sebab peneliti ingin melihat kualitas media CAI mata pelajaran biologi yang di produksi Pustekom dengan karakteristik CAI yang efektif
-          Sebab ingin mengevaluasi kualitas media CAI yang dibuat oleh pustekom
-          Peneliti mencari informasi yang dapat digunakan untuk mengambil kesimpulan
3.
Pengembangan  modul elektronik  sebagai sumber belajar untuk matakuliah multimedia design
2011
Ananda Gunadharma
Bagaimanakah produk pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan asil belajar terhadap matakulliah multimedia design?
-          pengembangan karya inovatif
-          penelitian lapangan
-          Karena bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan sebuah produk
-          Karena penelitian tersebut dilakukan untuk mengadakan percobaan dan penyempurnaan pada media yang dibuat
-          Karena menjadikan IDS sebagai objek penelitian
4.
Pengembangan video pembelajaran sains (sifat kehantaran panas dari berbagai benda) untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar
 2011
 Yusri
Bagaimanakah produk pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan asil belajar terhadap mata pelajaran IPA?
-          Pengembangan
-          Kualitatif
-          Memberikan gambaran yang menyeluruh tentang bagaimana mengembangkan sebuah video pembelajaran
-          Menciptakan suatu produk guna mengatasi permasalahan yang diteliti
-          Peneliti mencari informasi yang dapat digunakan untuk mengambil kesimpulan
5.
Pengembangan komik berwarna sebagai pembelajaran sejarah sekolah menengah pertama kelas 3
2009
Riana Maulana
-          Kurangnya minat membaca siswa terhadap buku pelajaran sehingga dapat menyebabkan lemahnya wawasan dan pemahaman siswa terhadap suatu bidang ilmu
-          Kebanyakan buku pelajaran sejarah disajikan secara tekstual, minim ilustrasi, dan desain yang sederhana
-          Pengembangan
-          Kualitatif
-          Mengembangkan produk pembelajaran berupa komik bewarna
-          Peneliti mencari informasi yang dapat digunakan untuk mengambil kesimpulan
6.
Pengembangan video pembelajaran untuk pengenalan fotografi digital
2007
Bayu mahesa subagdja
-          Kurangnya pemahaman atas berbagai fitur dan kecanggihan yang dimiliki oleh kamera digital membuat para pembelajar cenderung lebih menyukai pemakaian kamera analog dalam proses pembelajaran
-          Pengembangan
-          Kualitatif
-          Penelitian bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah prototipe media video yang mempunyai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai secara spesifik dan terukur.
-          Peneliti mencari informasi yang dapat digunakan untuk mengambil kesimpulan
7.
Pengembangan Video pembelajaran tentang seni melipat kertas (Origami)
2007
Endah Tri Utami
-          Media yang terbatas dalam matakuliah motorik halus pada materi origami
-          Buku origami masih kurang memenuhi rasa ingin tahu dan memperdalam keterampilan origami mahasiswa
-          Mata kuliah motorik harus memiliki subtopic yang terlampau banyak namun waktu pengajaran sangat sedikit
-          Pengembangan
-          lapangan
-          dikatakan pengembangan sebab peneliti mengembangkan sebuah produk berupa video yang berfungsi untuk menanggulangi masalah yang dihadapi oleh mahasiswa PAUD
-          Peneliti menjadikan PAUD FIP UNJ sebagai objek penelitian


Dari hasil pengumpulan data  mengenai data  kumpulan skripsi mahasiswa teknologi pendidikan berkonsentrasi media pembelajaran, maka akan di gambarkan melalui grafik seperti ini :



 Berdasarkan diagram diatas dapat disimpulkan bahwa dari tujuh skripsi yang diambil datanya secara acak dapat disimpulkan terdapat 2 skripsi yang dikeluarkan pada tahun 2007, satu skripsi tahun 2009 , dan yang terbanyak yaitu pada tahun 2011 sebanyak 4 skripsi.
Dari 7 skripsi tersebut mempunyai jenis penelitian yang berbeda-beda, penggambarannya dapat dilihat pad grafik berikut :




Dari diagram diatas dapat disimpulkan bahwa jenis penelitian media yang paling banyak digunakan dalam skripsi mahasiswa teknologi pendidikan yaitu jenis penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan mempunyai data sejumlah 5 skripsi dan setara dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian pengembangan merupakan penelitian dimana mahasiswa membuat suatu produk kemudian di evaluasi kualitasnya apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD/SMP atau target atau belum. Di setiap skripsi mahasiswa tidak hanya memakai satu jenis penelitian saja tetapi bisa lebih dari satu dilihat dari tujuannya, ragamnya, tempatnya dan lain sebagainya.

KESIMPULAN
Begitu pentingnya seorang mahasiswa mengklasifikasikan atau mengkategorikan skripsi-skripsi yang sudah dibuat oleh kakak kelas mereka. Mengapa demikian? Hal ini dimaksudkan agar tidak adanya kesamaan judul atau masalah dalam membuat skripsi.
Skripsi yang sudah dibuat oleh mahasiswa teknologi pendidikan khususnya konsentrasi media pembelajaran umumnya skripsi berjenis pengembangan. Penelitian pengembangan merupakan penelitian dimana mahasiswa membuat suatu produk kemudian di evaluasi kualitasnya apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD/SMP atau target atau belum.
Dengan adanya pengklasifikasisan in diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mencari judul skripsi ataupun masalah yang akan diangkat untuk dijadikan penelitiannya, khususnya mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar