Selasa, 06 Maret 2012

Facebook sebagai Media Pembelajaran

[Opini Mahasiswa Terhadap Penggunaan Facebook dalam Matakuliah Kapita Selekta Hasil Penelitian (KSHP)]
Oleh : Abdul Rochim AlBaghir
A. Pendahuluan

Perkembangan teknologi informasi yang berkembang sedemikian cepat mengakibatkan arus data dan informasi mudah diperoleh tanpa mengenal batas, ruang dan waktu. Menggunakan media internet, data dan informasi baik berupa pengetahuan, berita, hiburan maupun individu tidak sulit untuk didapat.

Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial di dalam internet yang memungkinkan pengguna (user) dapat berinteraksi dan berbagi data dengan pengguna lain. Dari sisi penggunaan,facebook sangat berkembang pesat dari tahun ke tahun sejak diluncurkan pada 2004. Facebook memudahkan orang berkomunikasi dengan orang lain dengan cara chatting, menulis di Wall, dan mengirim Pesan/Message. Tanpa disadari, facebook telah menjadi sumber informasi bagi semua orang di seluruh dunia.

Selain itu, facebook dapat juga melepaskan rasa bosan dikarenakan banyak games-games yang menyenangkan. Hanya dengan mengetik nama game yang kita inginkan di dalam kotak ‘Search’, maka dengan segera akan muncul hasilnya. Dibandingkan dengan website yang lain, Facebook lebih mudah digunakan, lebih cepat, dan lengkap sehingga membuat Facebook lebih bermanfaat dan lebih banyak diminati oleh orang-orang di seluruh dunia.

Belakangan ini, facebook sudah mulai dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, salah satu contohnya ialah Penggunaan Facebook pada mata kuliah KSHP (Kapita Selekta Hasil Penelitian) di Jurusan Teknologi Pendidikan UNJ pada semester 096. Pemanfaatan facebook disini dengan cara menggunakan fasilitas group yang ada di facebook. 

Group pada facebook dimanfaatkan sebagai media untuk berdiskusi secara online yang dilakukan diluar pertemuan tatap muka dikelas. Pemanfaatan facebook dalam mata kuliah ini sangat membantu dalam menyelesaikan masalah yang terjadi berkaitan dengan waktu perkuliahan yang amat terbatas pada pertemuan tatap muka dikelas. Melalui pemanfaatan facebook ini, dosen pengampu dapat memberikan pertanyaan, berinteraksi serta berdiskusi kepada mahasiswa yang tergabung didalam group dan mahasiswa pun juga dapat memberikan respon, jawaban atau tanggapan terhadap pertanyaan yang diajukan dosen pengampu atau jawaban dari mahasiswa lain. 

Namun realita yang terjadi tidak seperti yang diharapkan, ternyata pemanfaatan facebook masih dianggap kurang membantu perkuliahan karena berbagai macam alasan. Sehingga muncul sebuah opini bahwa perkuliahan yang dilakukan dengan menggunakan facebook hanya membuang-buang waktu saja, sangat merepotkan, tidak menyelesaikan masalah, kurang kerjaan, tidak bermutu dan lain sebagainya. Untuk membuktikan apakah opini tersebut benar atau tidak, maka dilakukan penelitian langsung kepada mahasiswa yang mengikuti perkuliahan KSHP tentang opini tersebut. Penelitian dilakukan dengan cara meminta tanggapan mahasiswa terhadap opini tersebut melalui group KSHP pada facebook. Berikut akan ditampilkan hasil dari votting yang sudah dilakukan.

B. Hasil

Gambar 1. Respon Mahasiswa terhadap pertanyaan yang diajukan
Berdasarkan gambar diatas, dapat diketahui bahwa dari 34 mahasiswa yang mengikuti perkuliahan KSHP, sebanyak 30 orang mahasiswa memberiakn respon/menjawab pernyataan survey yang diberikan, dan sisanya sebanyak 4 orang mahasiswa tidak memberi respon/jawaban terhadap pernyataan survey yang diberikan.

Gambar 2. Respon Mahasiswa Jika Penggunaan Facebook dalam Perkualiahan KHSP Distop
Berdasarkan tabel dan diagram diatas, menggambarkan bahwa 26 orang mahasiswa tidak setuju jika penggunaan facebook dalam perkuliahan KSHP distop, sedangkan 3 orang mahasiswa setuju jika penggunaan facebook dalam perkuliahan KSHP distop, sisanya 1 orang mahasiswa bersikap netral.

Gambar 3. Saran Mahasiswa untuk Penggunaan Facebook dalam Perkuliahan KSHP
Gambar diatas menjelaskan bahwa ada beberapa saran yang diajukan oleh mahasiswa diantaranya 5 orang mahasiswa menyarankan agar tetap menggunakan facebook dalam perkuliahan KSHP, 16 orang mahasiswa menyarankan agar sebaiknya dilakukan penjadwalan agar seluruh mahasiswa terlibat aktif, dan 1 orang mahasiswa menyarankan agar diadakan voting terlebih dahulu untuk melanjutkan perkuliahan dengan metode seperti ini.

C. Pembahasan

Berdasarkan data dan keterangan diatas, didapatkan hasil bahwa mayoritas mahasiswa yang mengikuti perkuliahan KSHP serta tergabung dalam group KHSP mendukung penggunaan facebook sebagai media dalam perkuliahan KSHP. Mahasiswa yang terganung dalam group KSHP di facebook memberikan berbagai macam jawaban, komentar, saran, maupun respon yang sebagian besar isinya mengatakan bahwa penggunaan facebook untuk kegiatan perkuliahan KSHP (digunakan sebagai sarana diskusi) mempunyai nilaitambah yang amat banyak. 

Namun perkuliahan KSHP dengan memanfaatkan facebook juga memiliki masalah sehingga timbul sebuah opini bahwa perkuliahan yang dilakukan dengan menggunakan facebook hanya membuang-buang waktu saja, sangat merepotkan, tidak menyelesaikan masalah, kurang kerjaan, tidak bermutu dan lain sebagainya. Akan tetapi masalah ini terjawab sudah dengan melihat data-data diatas. Sebagian besar mahasiswa berpendapat bahwa opini tersebut tidak benar adanya, justru mahasiswa merasa lebih mudah dan fleksibel jika menggunakan facebook sebagai media dalam perkuliahan KSHP. 

Dampak positif yang dirasakan mahasiswa setelah menggunakan facebook sebagai media perkuliahan KSHP yatu mahasiswa merasa bahwa penggunaan facebook tidak lagi dipakai untuk tempat curhat-curhat yang tidak jelas, tempat mengeluh bahkan tempat untuk bergosip, namun sekarang facebook digunakan dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dalam matakuliah KSHP. Mahasiswa juga menginginkan agar penggunaan facebook dalam perkuliahan KSHP sebaiknya tetap dilakukan dan lebih dioptimalisasikan kembali jika ingin tetap menggunakan facebook didalam perkuliahan KSHP.

Banyak saran yang diberikan mahasiswa berkaitan dengan masalah ini, diantaranya mahasiswa menyarankan agar sebaiknya dilakukan penjadwalan terlebih dahulu kapan waktunya kegiatan perkulihan menggunakan media facebook berlangsung, hal ini bertujaun agar seluruh mahasiswa dapat terlibat dan berpartisipasi aktif mengikuti kegiatan perkuliahan secara online. Selain itu juga, ada mahasiswa yang memberikan saran untuk mengadakan voting terlebih dahulu untuk melanjutkan perkuliahan dengan metode seperti ini.

D. Kesimpulan


Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar dari mahasiswa yang mengikuti perkuliahan KSHP memberikan respon dan tanggapan yang positif berkaitan dengan penggunaan facebook dalam perkuliahan KSHP. Sesusai dengan saran dan masukan dari mahasiswa yang sudah dibahas diatas, jika penggunaan facebook dalam perkuliahan KSHP tetap ingin terus dilaksanakan, maka harus dilakukan penjadwalan yang jelas kapan waktunya mahasiswa harus mengakses dan berdiskusi bersama pada group KSHP agar mahasiswa yang mengalami kesulitan dan masalah dapat menyesuaikan dan mengatur jadwal mereka dengan baik. 

Semoga facebook, jejaring sosial serta berbagai macam fasilitas lainnya dapat dimanfaatkan dengan baik terutama dalam bidang pendidikan, sehingga akan mempermudah serta memberikan keluasan kepada peserta didik untuk mecari dan mengakses berbagai macam informasi yang tersedia. 

Semoga yang dibahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua dan mohon dimaafkan jika ada kata-kata, ungkapan atau kesalahan yang tidak sengaja didalam penyusunan artikel ini. 

Sumber:
Facebook: Data dan Sejarah http://www.idafazz.com/pengertian-facebook.php. Diakses pada 04/03/12 pukul 21.09 WIB